Home » » Kolaborasi Menulis Buku PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta

Kolaborasi Menulis Buku PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta

Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta insya Allah akan menerbitkan Buku hasil kolaborasi menulis buku (yang ditulis oleh Keluarga besar PUSMAJA) dengan tema “Mengkaji Bima-Dompu (Mbojo) dalam Berbagai Perspektif Keilmuan. Artinya buku ini merupakan naskah yang ditulis dengan perspektif keilmuan masing-masing dalam memandang Mbojo. Terdiri dari perspektif Hukum, Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Agama, dan lain-lain.

Batas pengiriman naskah yaitu sampai 24 April 2023 (kirim via email pusmajambojojogja@gmail.com). Untuk menghindari/meminimalisir Plagiarisme, harap perhatikan ketentuan dibawah ini.

 

KETENTUAN

 

Naskah yang dikirim ke email pusmajambojojogja@gmail.comakan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

1.    Bersifat orisinil (karya sendiri), berupa kajian atas masalah-masalah Mbojo terkait hukum, Sosial, Budaya, Ekonomi, Pendidikan dan yang lainnya yang berkembang di tengah masyarakat, atau gagasan-gagasan orisinal lainnya.

2.    Batang tubuh artikel bebas (Boleh juga memuat pendahuluan, Pembahasan, Penutup, dan Daftar Pustaka, namun tidak diwajibkan).

3.    Tata Tulis, hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

a.    Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia.

b.    Naskah ditulis dengan Microsoft Word, jenis huruf Times New Roman, font size 12, spasi 1,5 cm pada kertas A4, panjang naskah minimal 10.

c.    Untuk meminimalisir Plagiarisme, Penulisan kutipan harus menggunakan model catatan kaki (footnote). Perhatikan keterangan dibawah ini:

1)   Cara penulisan catatan kaki seperti pada cara penulisan daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik penulisannya. selain itu, pada penulisan catatan kaki harus diberikan nomor halaman yang dijadikan acuan atau kutipan dan penulisan halaman disingkat hlm.

2)   Jika buku atau tulisan yang dijadikan acuan sudah pernah ditulis dalam halaman sebelumnya secara lengkap, maka diharuskan penyingkatan dalam catatan kaki dengan menggunakan istilah Ibid (ibidem = dalam halaman yang sama), Op.cit (opera citato = dalam keterangan yang yang telah disebut) atau Loc.cit (loco citato = dikutip dari sumber yang sama yang telah disebut). 

3)   Ibid digunakan dalam catatan kaki apabila kutipan diambil dari kutipan yang sama dan belum disela oleh sumber lain. Op.cit digunakan dalam catatan kaki untuk menunjuk kepada sumber yang sudah disebut sebelumnya secara lengkap, tetapi telah disela dengan sumber lain dan halamannya berbeda. Loc.cit digunakan dalam catatan kaki apabila hendak menunjuk kepada halaman yang sama dari sumber yang sama yang sudah disebut terakhir, tetapi telah disela oleh sumber yang lain.

4)   Ibid, op.cit Loc.cit hendaknya ditulis dengan huruf miring. Penggunaan Ibid tidak perlu menyebut nama pengarang namun cukup menyebut halaman yang dirujuk, penggunaan loc.cit cukup menyebut pengarang diikuti loc.cit dan tidak perlu menyebut nomor halaman, sedang penggunaan op.cit disebutkan nama pengarang dan halaman yang dirujuk.

d.   Penulisan Daftar Pustaka disusun secara alfabetis. Perhatikan dibawah ini:

1)   Buku: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), tahun terbit, judul buku (cetak miring), jilid, terbitan ke, nama penerbit, dan kota.

Contoh: Salahuddin, Siti Maryam R., 2004, Hukum Adat Undang-Undang Bandar Bima, Lengge, Mataram.

2)   Makalah: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul makalah (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama forumnya / seminar (cetak miring), tempat, tanggal, dan tahun.

Contoh: Supriatman, Yan Yanz, “Sejarah Islam Dana Mbojo”, Kajian Rutin Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta, Asrama Mahasiswa Sultan Abdul Kahir Bima-Yogyakarta, 10 Maret 2016.

3)   Artikel Suatu Jurnal: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul artikel (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama jurnal (dicetak miring), volume, nomor, bulan, dan tahun.

Contoh: Jamil, M., "Penegakan Hukum Tindak Pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Polresta Yogyakarta Tahun 2011-2013)", Panggung Hukum (Jurnal Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia), Vol. 2, No. 1, Januari, 2016.

4)   Tulisan dalam Buku: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama editor (dimulai dengan nama belakang dan tanpa gelar), tahun penerbitan, judul buku (dicetak miring), penerbit, tempat penerbitan.

Contoh: Gayatri, Irine Wiraswari, “Memahami Elite dalam Paradoks Demokrasi Lokal”, Satriani, Septi, 2014, Dinamika Peran Elite Lokal dalam Pilkada Bima 2010, Andi Ofset, Yogyakarta.

5)   Internet: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), website, tanggal diakses.

Contoh: Iskandar, “Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Masyrakat: Mengurai Harapan di Balik Kenyataan”, www.pusmajambojojogja.or.id, diakses tanggal 3 Agustus 2016.

6)   Buletin, Majalah, Tabloid, dan Koran: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), tempat tulisan dimuat (dicetak miring), tanggal / waktu terbit.

Contoh: Salim, Agus, “Melirik Sejarah Masuknya Islam di Kesultanan Bima”, Majalah Nusantara, Januari-Februari 2015.

7)   Skripsi, Tesis dan Disertasi: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), tempat tulisan dimuat (dicetak miring), penerbit, tempat terbit, tahun terbit.

Contoh: Ashadi, “Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Perkantoran Pemerintah Terkait Bidang Kesehatan”, Tesis, Magister Hukum Kesehatan Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2016

 

Demikian Informasi tentang agenda penulisan buku ini, akhir kata "Selamat Menulis dan Selamat Berkarya  Untuk Tanah Leluhur Mbojo.


Informasi lebih lanjut hubungi:

- 082359284340: Bun Hermin (Direktur PUSMAJA)

- 087732883320: Ahlan (PJ)

082340620849: Jailani (PJ) 

0 komentar:

Posting Komentar