Home » » MIMBAR MBOJO (Jurnal PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta), Yuuk Mari Kirimkan Naskah Anda..!

MIMBAR MBOJO (Jurnal PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta), Yuuk Mari Kirimkan Naskah Anda..!

www.pusmajambojojogja.or.id  – Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta rencana akan menerbitkan Jurnal MIMBAR MBOJO [Jurnal Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta]. Penerimaan Naskah maksimal tanggal 30 September 2016. Penulisan Jurnar Terbuka Untuk Umum, bila ingin berpartisipasi, silakan perhatikan DISMISSION dibawah ini.

SUBMISSION

Naskah yang dikirim ke Redaksi MIMBAR MBOJO [Jurnal Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta] akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
1.        Bersifat ilmiah, berupa kajian atas masalah-masalah Mbojo terkait hukum, Sosial, Budaya, Ekonomi, Pendidikan dan yang lainnya yang berkembang di tengah masyarakat, gagasan-gagasan orisinal, atau ringkasan hasil penelitian.
2.        Batang Tubuh Naskah, unsur-unsur yang harus ada adalah:
a.         Judul naskah (spesifik dan efektif, maksimal 12 kata)
b.        Nama penulis naskah (tanpa gelar akademik, disertai keterangan instansi/perguruan tinggi, alamat yang bisa dihubungi, alamat email untuk korespondensi)
c.         Abstrak (satu paragraf, satu spasi, antara 100 s/d 150 kata dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, menggambarkan esensi keseluruhan tulisan)
d.        Kata kunci/Keywords (maksimal 5 kata yang mencerminkan konsep pokok dari artikel yang bersangkutan)
e.         Memuat Pendahuluan, Pembahasan, Penutup dan Daftar Pustaka
3.        Tata Tulis, hal-hal yang harus diperhatikan adalah:
a.         Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar.
b.        Naskah ditulis dengan Microsoft Word, jenis huruf Garamond, font size 12, spasi ganda pada kertas A4, panjang naskah antara 20-25 halaman
c.         Penulisan kutipan harus menggunakan model catatan kaki (footnote). Perhatikan keterangan dibawah ini:
1)        Cara penulisan catatan kaki seperti pada cara penulisan daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik penulisannya. selain itu, pada penulisan catatan kaki harus diberikan nomor halaman yang dijadikan acuan atau kutipan dan penulisan halaman disingkat hlm.
2)        Jika buku atau tulisan yang dijadikan acuan sudah pernah ditulis dalam halaman sebelumnya secara lengkap, maka diharuskan penyingkatan dalam catatan kaki dengan menggunakan istilah Ibid (ibidem = dalam halaman yang sama), Op.cit (opera citato = dalam keterangan yang yang telah disebut) atau Loc.cit (loco citato = dikutip dari sumber yang sama yang telah disebut).  
3)        Ibid digunakan dalam catatan kaki apabila kutipan diambil dari kutipan yang sama dan belum disela oleh sumber lain. Op.cit digunakan dalam catatan kaki untuk menunjuk kepada sumber yang sudah disebut sebelumnya secara lengkap, tetapi telah disela dengan sumber lain dan halamannya berbeda. Loc.cit digunakan dalam catatan kaki apabila hendak menunjuk kepada halaman yang sama dari sumber yang sama yang sudah disebut terakhir, tetapi telah disela oleh sumber yang lain.
4)        Ibid, op.cit Loc.cit hendaknya ditulis dengan huruf miring. Penggunaan Ibid tidak perlu menyebut nama pengarang namun cukup menyebut halaman yang dirujuk, penggunaan loc.cit cukup menyebut pengarang diikuti loc.cit dan tidak perlu menyebut nomor halaman, sedang penggunaan op.cit disebutkan nama pengarang dan halaman yang dirujuk.
d.        Penulisan Daftar Pustaka disusun secara alfabetis. Perhatikan dibawah ini:
1)      Buku: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), tahun terbit, judul buku (cetak miring), jilid, terbitan ke, nama penerbit, dan kota.
Contoh: Salahuddin, Siti Maryam R., 2004, Hukum Adat Undang-Undang Bandar Bima, Lengge, Mataram.
2)      Makalah: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul makalah (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama forumnya / seminar (cetak miring), tempat, tanggal, dan tahun.
Contoh: Supriatman, Yan Yanz, “Sejarah Islam Dana Mbojo”, Kajian Rutin Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta, Asrama Mahasiswa Sultan Abdul Kahir Bima-Yogyakarta, 10 Maret 2016.
3)      Artikel Suatu Jurnal: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul artikel (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama jurnal (dicetak miring), volume, nomor, bulan, dan tahun.
Contoh: Jamil, M., "Penegakan Hukum Tindak Pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Polresta Yogyakarta Tahun 2011-2013)", Panggung Hukum (Jurnal Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia), Vol. 2, No. 1, Januari, 2016.
4)      Tulisan dalam Buku: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), nama editor (dimulai dengan nama belakang dan tanpa gelar), tahun penerbitan, judul buku (dicetak miring), penerbit, tempat penerbitan.
Contoh: Gayatri, Irine Wiraswari, “Memahami Elite dalam Paradoks Demokrasi Lokal”, Satriani, Septi, 2014, Dinamika Peran Elite Lokal dalam Pilkada Bima 2010, Andi Ofset, Yogyakarta.
5)      Internet: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), website, tanggal diakses.
Contoh: Iskandar, “Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Masyrakat: Mengurai Harapan di Balik Kenyataan”, www.pusmajambojojogja.or.id, diakses tanggal 3 Agustus 2016.
6)      Buletin, Majalah, Tabloid, dan Koran: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), tempat tulisan dimuat (dicetak miring), tanggal / waktu terbit.
Contoh: Salim, Agus, “Melirik Sejarah Masuknya Islam di Kesultanan Bima”, Majalah Nusantara, Januari-Februari 2015.
7)      Skripsi, Tesis dan Disertasi: nama penulis (dimulai dengan nama belakang pengarang dan tanpa gelar), judul tulisan (diawali dan diakhiri dengan tanda petik), tempat tulisan dimuat (dicetak miring), penerbit, tempat terbit, tahun terbit.
Contoh: Ashadi, “Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Perkantoran Pemerintah Terkait Bidang Kesehatan”, Tesis, Magister Hukum Kesehatan Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2016.

4.        Naskah dikirim secara langsung ke redaksi Jurnal MIMBAR MBOJO berupa print out dan soft file atau dikirim via email mimbarmbojo.pusmaja@gmail.com dengan menggunakan lampiran (attachment). Naskah yang masuk ke redaksi dikategorikan: Diterima tanpa revisi, Diterima dengan revisi, atau Ditolak. Redaksi akan memberitahukan kepada para penulis naskah, baik yang dimuat maupun yang tidak dimuat.

0 komentar:

Posting Komentar