Home » , , » Pelantikan Pengurus Baru PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2016

Pelantikan Pengurus Baru PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2016

Suasana usai acara Pelantikan
Yogyakarta, pusmajambojojogja.or.id – M. Jamil S.H. resmi menahkodai Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta yang ditandai dengan dilantiknya kepengurusan Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2017 pada Hari Sabtu, 2 Januari 2016 di Gedung Kuliah GKT 102 Kampus STIE YKPN, Seturan Yogyakarta.

Saat ini M. Jamil, S.H. sedang melangsungkan studinya pada Program Pascasarjana Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Lelaki yang semasa kuliah S1 di Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, ini merupakan pria berasal dari desa Ncera, kecamatan Belo, kabupaten Bima, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Acara ini, selain pelantikan juga dirangkaikan dengan Peluncuran Website www.pusmajambojojogja.or.id dan Diskusi Publik.

Meski penyajian kegiatan sudah dipersiapkan dengan matang, dalam kesempatan saat laporan panitia, ketua panitia penyelenggara menyampaikan maaf serta ucapan terimakasih pada seluruh tamu undangan, “Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran semua pihak. Saya juga ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila penyajian atau penyambutan dalam acara ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para hadirin,” beber Ketua Panitia Penyelenggara Pelantikan kepengurusan Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2017, saudara M. Rimawan, S.E. saat sambutannya.

Pelantikan PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta 2015-2017
Kepengurusan Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2017 dilantik oleh ketua Forum Silaturrahmi Weki Ndai Mbojo Yogyakarta, yakni ibu dr. Sitti Noor Zaenab, M.Kes., “Dengan berakhirnya pembacaan ikrar pelantikan ini, maka secara resmi M. Jamil dan jajarannya telah resmi menjadi pengurus Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2017, semoga kalian amanah,” ungkap dr. Sitti Noor Zaenab, M.Kes. usai membacakan ikrar pelantikan kepengurusan.

M. Jamil dalam sambutannya menyoroti kondisi bangsa saat ini dan optimis terhadap bangsa Indonesia kedepan. “Sudah menjadi rahasia umum bahwa kondisi bangsa Indonesia saat ini sangat jauh dari harapan, kita boleh pesimis dengan kondisi negara saat ini, namun jangan sekali-sekali mengatakan hal yang sama pada Bangsa Indonesia 10 tahun kedepannya, kita harus optimis dengan kondisi bangsa kedepannya, bangsa Indonesia kedepannya akan lebih besar dan jaya karena bangsa Indonesia kedepannya akan berada ditangan-tangan para pemuda saat ini, yakni pemuda-pemuda yang mempunyai misi yang besar untuk kejayaan Indonesia, sebagian besar dari pemuda itu adalah para mahasiswa-mahasiswa yang hadir pada ruangan saat ini, oleh karena itu kita harus optimis dan berkontribusi sebisa serta dengan kadar kemampuan kita masing-masing,” cetus M. Jamil, S.H. saat sambutan pertamanya secara resmi pada kepengurusan periode 2015-2017.

Peluncuran Website PUSMAJA
Secara simbolis peluncuran website diresmikan oleh salahsatu senior Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta yakni Ashadi, SKM. “Dengan saya membalikkan kertas bergambar website ini, maka dengan ini website www.pusmajambojojogja.or.id telah resmi diluncurkan,” ucap Ashadi, SKM. diikuti oleh riuk-riuk tepuk tangan dari seluruh hadirin.

Peluncuran website dipresentasikan oleh Nawasyarif, S.Pd. sebagai koordinator bidang Humas, Media dan Publikasi pengurus Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta Periode 2015-2016. “Dengan adanya website PUSMAJA harapannya lebih mempermudah penyaluran aspirasi para anggota PUSMAJA,” ungkap Nawassarif, S.Pd.

Ketua umum PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta beberkan beberapa agenda inti yang akan dilaksanakan satu periode kedepan. “Ada beberapa agenda inti yang insya Allah akan dilaksanakan pada periode 2015-2016, diantaranya, pembuatan website PUSMAJA, penerbitan buku serta penerbitan Jurnal Ilmiah. Roh yang mendasar adalah tiga point penting tersebut, mudah-mudahan agenda yang dicanangkan tersebut bisa dimudahkan dalam pelaksanaannya. Aamiin. Kalau pun ada agenda-agenda yang lain yang ingin dicanangkan, maka akan lebih memfokuskan untuk mendukung program-program inti tersebut, semisalnya ingin mengadakan pelatihan-pelatihan serta kajian-kajian rutis, pengajian, maupun beragam bakat dan minat yang disalurkan, pada ending akhirnya diharapkan program pendukung tersebut menguatkan kecerdasan dan kemahiran para anggota PUSMAJA untuk menuangkan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan. Tulisan tersebut baik disalurkan melalui website maupun dituangkan kedalam buku atau Jurnal Ilmiah. Alhamdulillah pembuatan website telah dilaksanakan,” beber M. Jamil, S.H. disela-sela acara berlangsung.

Dialog Publik Menyoroti Kepemimpinan dan Dana Desa
Diskusi Publik dengan mengangkat tema “Menjawab Kekhawatiran Dana Desa, Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Kepribadian”, dengan menghadirkan para pemateri yang berkompeten diantaranya,  Dr. Efraim Ferdinand Giri, M.Si.,Ak.CA., (Dosen / Ketua III STIE YKPN Yogyakarta), Dra. Siti Alfajar, M.Si., (Dosen STIE YKPN Yogyakarta) dan Firman, SE., MPH. (Mahasiswa Program Doktor pada Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada), serta didampingi oleh seorang moderator yakni Muhammad Al-Isyar, SKM.

Pemateri pertama, Dr. Efraim Ferdinand Giri, M.Si.,Ak., CA. menyampaikan materi “Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat Desa”. “Filosofi Dana Desa yakni meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan” ungkapnya.

Pada pemateri kedua, Dra. Siti Alfajar, M.Si. menyampaikan materi ‘Kepemimpinan Transformasional dan Karakteriik Kepribadian’. Saat penyampaian materi beliau mengatakan, “Implikasi managerial dengan adanya hubungan antara kepemimpinan transformasional dan karakeristik kepribadian ini, maka muncul kebutuhan konsep kepemimpinan untuk menghadapi perubahan lingkungan yang terus berlangsung. Konsep kepemimpinan tersebut dapat digunakan  dalam proses seleksi dan pelatihan terhadap calon pemimpin dalam suatu organisasi,” bebernya dengan penuh semangat.

Pemateri terakhir, Firman, SE., MPH. menyampaikan materi ‘Dana Desa dan Pelayanan Kesehatan’. Firman dalam penyampaiannya mengatakan, “Pembangunan bangsa Indonesia harus mulai dari desa. Kita juga harus menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, desa sekarang sudah menjadi suatu Miniatur Kabupaten,” imbuhnya.

Hadir dalam seluruh rangkaian kegiatan tersebut, Ketua Demisioner PUSMAJA Mbojo Yogyakarta Syahrul Ramadhan, S.Pd., M.Pd., ketua awarde Penerima beasiswa LPDP Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta saudara Anis Bulan. Senior PUSMAJA Mbojo Yogyakarta Ashadi, SKM., Wildanul Hakim. Selain itu, para sesepuh weki Ndai Mbojo juga luangkan waktu dalam perhelatan tersebut, diantaranya Buhari, S.T., dr. Sitti Noor Zaenab, M.Kes., dan beberapa sesepuh lainnya.

Berikut struktur pengurus baru Pusat Studi Mahasiswa Pascasarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta periode 2015-2016.
Pelindung : 
1. Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat
2. Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
3. Pemerintah Daerah Kabupaten Bima
4. Pemerintah Daerah Kota Bima
5. Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu
Penasehat :  
1. dr. Sitti Noor Zaenab, M.Kes.
2. dr. Sitti Aisyah Sahidu, SU.
3. Dra. Siti Al Fajar, M.Si.
4. Bukhari, ST.
5. Drs. Erwin Nizar, M.Si.
Pengurus Harian: 
Ketua Umum : M. Jamil, S.H.
Sekretaris         : Andri Ardiansyah, S.Pd.I.
Bendahara : Erni Yustissiani, S.Pd.

Bidang-Bidang:
1. Bidang Kajian dan Riset
Koordinator : Muhammad Al-Isyar, SKM.
Anggota   :
1. Nurul Fauziah, S.Pd.I.
2. Farhatush Shoalihat, S.SI.
3. Khuzaifah, S.Pd.
4. Ainun Fitriani, S.Pd.
5. Aris Iwansyah, S.Kep.
6. Ahmad Firdaus, S.Pd.
 
2. Bidang Kerohanian
Koordinator : Yan Saputra, S.Pd.I.
Anggota         :
1. Ismail, S.H.I.
2. Ikhlas, S.Pd.I.
3. Rahayu Fahmi, S.Pd.
4. Muhammad Alfian, S.Pd.I.
5. Kurnia Elisa Putri, S.Pd.
 
3. Bidang Bakat dan Minat
Koordinator : Imam Julfikar, S.Pd.
Anggota          :
1. Munazar, S.Psi.
2. Nurwahidah, S.Pd.
3. M. Rimawan, SE.,AK.
4. Nining Iriani, S.Pt.
5. Titin Untari, S.Pd.

4. Bidang Humas, Media dan Publikasi
Koordinator : Nawassyarif, S.Kom.
Anggota          :
1. Adi Mawardin, ST.
2. Ihsan Ahmad, S.Pd.
3. Iskandar, S.Sos.
4. Anis Bulan, S.Pd.
5. Furqon, S.Sos.I.
6. Firdaus, S.Sos.

[Tim Media PUSMAJA]

0 komentar:

Posting Komentar