Home » » Bantuan Peningkatan Kualifikasi Akademik S-2 Bagi Guru Pendidikan Dasar Tahun 2016

Bantuan Peningkatan Kualifikasi Akademik S-2 Bagi Guru Pendidikan Dasar Tahun 2016

Mendahului informasi resmi dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,  Ditjen Guru dan  Tenaga  Kependidikan,  Kemdikbud  memberikan  dana  bantuan  peningkatan  kualifikasi akademik  S-2  bagi  guru  pendidikan  dasar  yang  bertugas  di  sekolah  dasar  (SD),  sekolah menengah pertama (SMP), sekolah dasar luar biasa (SDLB), dan sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB).

A. Persyaratan

  1. Guru  dikdas  yang  berstatus  sebagai  pegawai  negeri  sipil  (PNS)  atau   guru  tetap yayasan.
  2. Berusia maksimal 37 tahun pada saat penutupan pendaftaran yang dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk.
  3. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT).
  4. IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip  nilai yang  dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  5. Memiliki  pengalaman  mengajar  minimal  2  (dua)  tahun  yang  dibuktikan  dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  6. Memperoleh  izin  untuk  mengikuti  program  peningkatan  kualifikasi  akademik  S-2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
  7. Sanggup  dan  bersedia  mengikuti  studi  di  PTP  yang  ditunjuk  oleh  Direktorat Pembinaan  Guru  Pendidikan  Dasar,   Ditjen  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan, Kemdikbud, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai.

B. Pendaftaran Calon Peserta

Pendaftaran calon peserta dilakukan sebagai berikut.

  1. Guru dikdas yang berminat mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan Guru  Dikdas  dengan  melampirkan  surat  rekomendasi  dari  dinas  pendidikan kabupaten/kota setempat.
  2. Berkas administrasi yang harus disertakan dalam pendaftaran sebagai berikut.

a.  Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 (diketahui atasan
langsung dan dinas pendidikan kabupaten/kota) kepada Direktur Pembinaan Guru
Dikdas.
b.  Surat  pernyataan  kesanggupan  studi  S-2  di  Perguruan  Tinggi  Penyelenggara,
yakni: Unesa, UM, UNY, dan UPI.
c.  Surat keterangan sehat dari dokter.
d.  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
e.  Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
f.  Daftar riwayat hidup.
g.  Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi (dengan cap basah).
h.  Fotocopy KTP.
i.  Fotocopy NPWP.
j.  Fotocopy SK pengangkatan pertama.
k.  Alamat pengiriman berkas Subdit  PKPKK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. Telp./Faks (021) 57974130. Pada  pojok  kanan  atas  amplop  pengajuan  berkas  ditulis  “BEASISWA  S-2”

BERKAS  PENDAFTARAN  DITERIMA  PANITIA  PENYELENGGARA  PALING
LAMBAT  25  MARET  2016  (STEMPEL  POS),  MELEWATI  BATAS  WAKTU  YANG
TELAH  DITETAPKAN   TIDAK  DIIKUTSERTAKAN  DALAM  PROSES  SELEKSI
SELANJUTNYA


  • Informasi resmi terdapat pada buku Pedoman Bantuan Peningkatan Kualifikasi Akademik S -2  Bagi  Guru  Pendidikan  Dasar  Tahun  2016  yang  Akan  diunggah  pada  Web  Direktorat


  • Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  Kemdikbud  (http://gtk.kemdikbud.go.id)  atau Web  Program  Pascasarjana  Universitas  Negeri  Yogyakarta  (http://pps.uny.ac.id). Yogyakarta, 13 Februari 2016

0 komentar:

Posting Komentar